Swara Network

Banjir Bandang Di Bone Bolango Kembali Hanyutkan Sejumlah Rumah

SWARA NETWORK | Gorontalo, Bone Bolengo – Sejumlah rumah dilaporkan hanyut dan rusak akibat diterjang banjir bandang yang terjadi di kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Hujan deras yang mengguyur sejak Senin kemarin (07/9/2020). Kondisi cuaca tersebut memicu terjadinya peningkatan debit air sungai, yang kemudian meluap dan melanda wilayah permukiman warga.

Berdasarkan informasi dari Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo, Selasa (08/9/2020), banjir bandang di Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango menerjang Desa Kaidundu, Dungilata, Mopuya, Mamungaa Timur. Air bah bercampur lumpur membuat sejumlah rumah warga porak-poranda.

“Di Desa Mopuya tercatat ada tiga rumah yang hanyut dibawa arus, serta sejumlah rumah rusak berat akibat terkena lumpur,” ucap Ketua Tim SAR Ilato, Iptu Ruslan Djafar.

Tim Sar Brimob Gorontalo bersama warga mengeluarkan puing-puing pohon yang tersangkut di sungai.

Sebelumnya, Tim Sar Ilato Brimob Gorontalo yang sedang bersiaga mendapatkan informasi akan terjadinya banjir bandang di kecamatan Bulawa. Ketika petugas sampai di Desa Mopuya Tim SAR Ilato tidak bisa melanjutkan perjalanan karena terkendala akses ke lokasi banjir.

Sekitar pukul 23.30 wita Senin malam, situasi banjir yang menerjang hingga tiga kecamatan di Bone Pesisir tersebut telah surut. Warga yang terdampak banjir telah diungsikan ke lokasi yang aman. Beberapa fasilitas umum saat ini masih tertutup longsor yang cukup tebal.

“Setelah sampai di kecamatan Bulawa, tim langsung membersihkan material lumpur bekas banjir bandang yang memutuskan akses jalan trans Sulawesi. Bukan hanya lumpur yang di bawa oleh banjir bandang tersebut, namun batang pohon yang berukuran besar pun turut mengahalangi jalan trans Sulawesi,” jelas Iptu Ruslan.

Di kutip dari READ.ID Selain di Kecamatan Bulawa, Kecamatan Bone Pantai, Kecamatan Bone Raya juga dilaporkan terdampak banjir bandang. Puluhan rumah dan sejumlah fasilitas umum dilaporkan rusak parah.

(SWARA/WM)

Berita Lainnya