Swara Network
Pengunjung Museum Sedang Melihat Fosil Rangka Manusia Zaman Dulu (Foto:Dok-60DTK).

Museum Purbakala Popa Eyato Kembali Dibuka,Jumlah Pengunjung Dibatasi

SWARA NETWORK | Museum Purbakala Popa Eyato sudah kembali dibuka. Kalau sebelumnya sempat ditutup akibat pandemi Covid-19 kini sudah beroperasi, jumlah pengunjung dibatasi 10 orang.

Seperti yang dikutip pada 60DTK.COM, pembatasan jumlah pengunjung itu dilakukan karena sesuai dengan instruksi pemerintah terkait penerapan Protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Museum Purbakala Popa Eyato Provinsi Gorontalo, Fitri Ahmad mengatakan, pembukaan museum ini sudah dibuka sejak pada bulan Juli, dimana saat itu pemerintah Provinsi sudah tidak lagi menerapkan PSBB. Kata dia, pembukaan Museum Purbakala Popa Eyato ini tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Ada kelonggaran sedikit yang diberlakukan untuk kunjungan ke museum, tidak seperti dari bulan Maret itu dibatasi sepenuhnya. Jadi dari Bulan Juli sampai bulan sekarang sudah dibuka, tapi yang kolektif (banyak) belum kita terima. Kita hanya menerima perorangan, dan paling tinggi hanya 10 orang yang bisa masuk,” ungkap Fitri Kepada awak media saat diwawancara, Selasa (25/11/2020).

Meskipun demikian, ia mengatakan ia telah melakukan strategi khusus guna menarik antusias siswa dan masyarakat untuk datang ke museum. Yakni dengan menggelar lomba melukis dan karya tulis.

Hal itu, dilakukan agar jika pandemi Covid-19 ini berakhir, jumlah pengunjung meningkat kembali seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

 “Kami juga mengadakan kegiatan, bagaimana museum bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya, yakni berupa lomba melukis tingkat SD. Setelah itu kami juga mengadakan lomba karya tulis, dan Alhamdulillah antusias mereka besar sekali, dan itu dalam bentuk daring,” jelasnya.

(SWARA/60DTK)

Berita Lainnya