Swara Network
Ilustrasi Perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sumber: Kab.pohuwato.kpu.go.id

Pilkada Tahun 2020 KPU Pohuwato Butuh 2.135 KPPS Dan 610 Linmas

 

SWARA NETWORK | Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan wakil Bupati Pohuwato sudah pada tahap perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang akan bertugas pada hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato membutuhkan kurang lebih 2.135 anggota KPPS dan 610 Linmas yang nantinya akan membantu dalam menyukseskan pilkada.

 

“Saat ini kita masih terus mengumumkan perekrutan KPPS. Pengumuman ini kita lakukan sampai tanggal 6 Oktober. Setelah itu, masuk di pendaftaran mulai dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2020. Pendaftarannya dilakukan oleh PPS di setiap Desa,” kata Komisioner KPU Pohuwato Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Musmulyadi Hunowu, Senin (05/10/2020), seperti yang di kutip di 60DTK.COM

 

Sesuai jadwal tahapan, pendaftaran dan pemasukan berkas calon anggota KPPS tersebut akan dilaksanakan pada 7 sampai 13 Oktober tahun 2020. Proses pendaftaran KPPS ini dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di setiap Desa.

 

“Perekrutan KPPS ini juga dilakukan bersamaan dengan perekrutan Linmas, hanya saja prosesnya berbeda. Kami meminta rekomendasi dari pemerintah desa,” tambahnya.

 

Selain itu, Musmulyadi juga mengungkapkan bahwa jumlah anggota KPPS yang akan direkrut sebanyak 2.135. Sementara untuk petugas Linmas sebanyak 610 orang. Untuk itu, Supaya pelaksanaan pemungutan suara nanti berjalan dengan lancar Ia berharap agar masyarakat didaerah setempat bisa ikut berpartisipasi dan mengikuti perekrutan KPPS dan Linmas.

 

“Petugas KPPS di setiap TPS itu ada 7 orang, dibantu 2 orang Linmas. Karena TPS kita ada 305, jumlah KPPS yang kita akan rekrut sebanyak 2.135 dan Linmas sebanyak 610. Tentunya masyarakat yang ikut memenuhi syarat yang telah ditentukan dalam PKPU” ungkap Musmulyadi.
(SWARA/60DTK)

Berita Lainnya