Swara Network

Rekomendasi Bawaslu, KPU Putuskan Nelson-Hendra Tidak Bersalah

SWARA NETWORK | Sempat digadang-gadang akan dicoret dalam daftar calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2020, Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, memutuskan Paslon Nelson Pomalingo-Hendra Hemeto tidak bersalah.

Keputusan ini diambil usai melakukan pendalaman terhadap rekomendasi Bawaslu Kabupaten Gorontalo, supaya KPU membatalkan calon petahana untuk ikut bertarung pada Pilkada serentak tahun 2020

Dikutip pada 60DTK.COM, sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Gorontalo telah memutuskan bahwa Nelson Pomalingo terbukti melanggar ketentuan Pasal 71 ayat 3 UU nomor 10 Tahun 2016, sesuai pasal yang disangkakan oleh pelapor Robin Bilondatu.

karenanya, Bawaslu memberikan surat rekomendasi kepada KPU Kabupaten Gorontalo untuk mendiskualifikasi Nelson Pomalingo dari calon Bupati, sebagaimana tertuang di pasal 71 ayat 5 di UU nomor 10 tahun 2016.

“Terhadap calon bupati petahana atas nama Nelson Pomalingo yang di duga melanggar Pasal 71 ayat 3 UU nomor 10 tahun 2016 terkait penggunaan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan terlapor tidaklah terpenuhi,” kata Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasyid Sayiu, melalui konferensi pers di Kantor KPU Kabgor, Sabtu (17/10/2020).

“Program yang dimaksud bukanlah program yang diadakan untuk kepentingan pemilihan, namun berkenaan dengan kegiatan penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah,” lanjutnya.

Kata dia, putusan KPU Kabupaten Gorontalo ini didasarkan pada berbagai keterangan yang diberikan oleh pelapor, terlapor, serta sejumlah ahli.

“Keputusan yang diambil oleh KPU didasarkan pada keterangan yang telah kami terima dalam mencari, menggali, dan mendalami rekomendasi Bawaslu. Jika memang keputusan ini ada pihak yang tidak puas, silahkan diuji melalui DKPP,” tandasnya

(SWARA/60DTK)

Berita Lainnya