Swara Network
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo, Effendy S.J Rauf, Saat Diwawancara Awak Media, Usai Mengikuti Kegiatan Pembukaan Pelatihan Pemandu Wisata Perkotaan, di Ballroom Hotel Amaris, Selasa (17/11/2020).Foto:Dok-60DTK

Tekan Penularan Covid-19, Pemkot Gorontalo Berdayakan Pemandu Wisata

SWARA NETWORK | Pencegahan penularan Covid-19 hanya bisa dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Untuk memaksimalkan hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo memberdayakan Pemandu Wisata.

Seperti yang dikutip pada 60DTK.COM, dimana Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo, Effendy S.J Rauf mengungkapkan, pihaknya selain memberdayakan para pemandu wisata dengan pemberian pelatihan, pihaknya juga memanfaatkan mereka dalam penerapan  Protokol kesehatan bagi wisatawan yang datang.

“Misalnya saat akan memasuki objek wisata atau destinasi, itu pemandu mengarahkan wisatawan yang dipandu tetap menerapkan itu, menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak, dan Itu juga berlaku untuk pemandu,” ungkap Effendi saat diwawancara awak media, Selasa (17/11/2020).

Ia juga menjelaskan, para pemandu wisata ini dilatih dan didik untuk mempelajari Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 saat ditempat wisata. Mereka diberikan wewenang untuk mengingatkan para wisatawan untuk senantiasa untuk mengikuti Prokse Covid-19.

“Pemandu wisata di masa Pandemi ini, yang jelas kita sudah mempunyai yang jelas kita sudah ada panduan protokol kesehatannya, jadi tetap akan berpegang penting disitu,” jelasnya.

“Mereka juga akan menjadi salah satu pemberi informasi kepada wisatawan untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Sehingga secara tidak langsung,” tambahnya.

Dijelaskan juga, para pemandu wisata diberikan pelatihan tentang pencegahan dan penyebaran Narkotika, pada kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Perkotaan yang berlangsung selama tiga hari di Ballroom Hotel Amaris Kota Gorontalo.

(SWARA/60DTK)

Berita Lainnya